EBOOK DOWNLOAD

Hukum Pacaran Menurut Islam

Posted on: 29 Juli 2009

Janganlah kamu sekalian mendekati perzinahan, karena zina itu adalah perbuatan yang keji…” (QS. Al-Isra : 32).

Istilah pacaran yang dilakukan oleh anak-anak muda sekarang ini tidak ada dalam Islam. Yang ada dalam Islam ada yang disebut “Khitbah” atau masa tunangan. Masa tunangan ini adalah masa perkenalan, sehingga kalau misalnya setelah khitbah putus, tidak akan mempunyai dampak seperti kalau putus setelah nikah. Dalam masa pertunangan keduanya boleh bertemu dan berbincang-bincang di tempat yang aman, maksudnya ada orang ketiga meskipun tidak terlalu dekat duduknya dengan mereka.

Kalau dilihat dari hukum Islam, pacaran yang dilakukan oleh anak-anak sekarang adalah haram. Mengapa haram?

Karena pacaran itu akan membawa kepada perzinahan dimana zina adalah termasuk dosa besar, dan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Oleh karena itu ayatnya berbunyi sebagaimana yang dikutip di awal tulisan ini. Ayat tersebut tidak mengatakan jangan berzina, tetapi jangan mendekati zina, mengapa demikian ? Karena biasanya orang yang berzina itu tidak langsung, tetapi melalui tahapan-tahapan seperti : saling memandang, berkenalan, bercumbu kemudian baru berbuat zina yang terkutuk itu.

PENCEGAHAN

Dalam hukum Islam umumnya, manakala sesuatu itu diharamkan, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan yang diharamkan itu diharamkan juga. Misalnya minum arak, bukan hanya minumnya yang diharamkan, tapi juga yang memproduksinya, yang menjualnya, yang membelinya, yang duduk bersama orang yang minum tersebut juga diharamkan.

Demikian juga halnya dengan masalah zina. Oleh karena itu maka syariat Islam memberikan tuntunan pencegahan dari perbuatan zina, karena Allah Maha Tahu tentang kelemahan manusia.

Berikut ini adalah pencegahan agar kita tidak terjerumus ke dalam perzinahan :

  1. Dilarang laki dan perempuan yang bukan mahram untuk berdua-duaan. Nabi Saw bersabda : “Apabila laki-laki dan perempuan yang bukan mahram berdua-duaan, maka yang ketiga adalah setan.” Setan juga pernah mengatakan kepada Nabi Musa AS bahwa apabila laki dan perempuan berdua-duaan maka aku akan menjadi utusan keduanya untuk menggoda mereka. Ini termasuk juga kakak ipar atau adik perempuan ipar.
  2. Harus menjaga mata atau pandangan, sebab mata itu kuncinya hati. Dan pandangan itu pengutus fitnah yang sering membawa kepada perbuatan zina. Oleh karena itu Allah berfirman : “Katakanlah kepada laki-laki mukmin hendaklah mereka memalingkan pandangan mereka (dari yang haram) dan menjaga kehormatan mereka dan katakanlah kepada kaum wanita hendaklah mereka meredupkan mata mereka dari yang haram dan menjaga kehormatan mereka (An-Nur : 30-31).
  3. Diwajibkan kepada kaum wanita untuk menjaga aurat mereka, dan dilarang mereka untuk memakai pakaian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, kecuali untuk suaminya. Dalam hadits dikatakan bahwa wanita yang keluar rumah dengan berpakaian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, memakai minyak wangi baunya semerbak, memakai make up dan sebagainya, setiap langkahnya dikutuk oleh para malaikat, dan setiap laki-laki yang memandangnya sama dengan berzina dengannya. Di hari kiamat nanti perempuan seperti itu tidak akan mencium baunya surga (apalagi masuk surga).
  4. Dengan ancaman bagi yang berpacaran atau berbuat zina. Misalnya Nabi bersabda : “lebih baik memegang besi yang panas daripada memegang atau meraba perempuan yang bukan istrinya (kalau ia tahu akan berat siksaannya). Dalam hadits yang lain : “Barangsiapa yang minum (minuman keras) atau berzina, maka Allah akan melepas imannya dalam hatinya, seperti seseorang melepaskan peci dari kepalanya (artinya kalau yang sedang berzina itu meninggal ketika berzina, ia tidak sempat bertobat lagi, maka dia meninggal sebagai orang kafir yang akan kekal di neraka).

Oleh karena itu Syekh Sharwi menggambarkan : seandainya ada seorang wanita cantik yang sudah hampir telanjang di sebuah kamar, kemudian ditawarkan kepada seorang pemuda … “Maukah kamu saya kasihkan perempuan itu untuk kamu semalam suntuk, tapi besok pagi saya akan masukan kamu ke kamar yang sebelahnya, yang penuh dengan api, apakah mungkin anak muda itu akan mau untuk menikmati tubuh wanita semalam suntuk kemudian digodok keesokan harinya dalam api?

Nah ketika kita tergoda untuk berbuat zina atau minum, coba bayangkan kalau kita meninggal ketika itu, bagaimana nasib kita? Tiada dosa yang lebih besar setelah syirik kepada Allah daripada meneteskan air mani dalam suatu tempat (kehormatan) yang tidak halal baginya. Neraka Jahannam mempunyai “Tujuh pintu gerbang” (QS. Al-Hijr : 44), dan pintu gerbang yang paling panas, dahsyat, seram, keji, dan bau adalah diperuntukan bagi orang-orang yang suka berzina setelah dia tahu bahwa zina itu haram.

Sebagaimana kita yakini sebagai seorang muslim bahwa segala sesuatu yang diharamkan oleh Allah, mesti mempunyai dampak yang negatif di masyarakat. Kita lihat saja di Amerika Serikat, bagaimana akibat karena adanya apa yang disebut dengan free sex, timbul berbagai penyakit. Banyak anak-anak yang terlantar, anak yang tidak mengenal ayahnya, sehingga timbul komplikasi jiwa dan sebagainya. Oleh karena itu, jalan keluar bagi para pemuda yang tidak kuat menahannya adalah :

  1. Menikah, supaya bisa menjaga mata dan kehormatan.
  2. Kalau belum siap menikah, banyaklah berpuasa dan berolahraga
  3. Jauhkan mata dan telinga dari segala sesuatu yang akan membangkitkan syahwat
  4. Dekatkan diri dengan Allah, dengan banyak membaca Al-Qur’an dan merenungkan artinya. Banyak berzikir, membaca shalawat, shalat berjamaah di Masjid, menghadiri pengajian-pengajian dan berteman dengan orang-orang yang shaleh yang akan selalu mengingatkan kita kepada jalan yang lurus.
  5. Dan ingat bahwa Allah telah menjanjikan kepada para anak muda yang sabar menahan pacaran dan zina yaitu dengan bidadari, yang kalau satu diantaranya menampakkan wajahnya ke alam dunia ini, setiap laki-laki yang memandangnya pasti akan jatuh pingsan karena kecantikannya. Coba anda bayangkan saja siapa menurut anda wanita yang paling cantik di alam dunia ini, maka pastilah bidadari itu entah berapa juta kali lebih cantik dari wanita yang anda bayangkan itu.

(diadaptasi dari majalah Perkawinan dan Keluarga)

About these ads

76 Tanggapan to "Hukum Pacaran Menurut Islam"

Yah, Pokoknya kalau meski hanya status pacaran, itu barangkali merupakan hal yang tidak berguna/merugi. Tmn-Tmn.
Malah jadi pendustaan, Yaaa… kan Pak Ustadz?

assalamualaikum ,
saya mau nanya ni ,, kan saya pacaran tpi pacar saya di pesantren dan jarang sekali ketemu .. bahkan komunikasi pun jarang .. pkonya cma status aja ..
apakah itu dilarang dalam hukum islam ..
wassalamualaikum wr wb

amin yaa robbal aalaamin

Asslamualakum..

Allhamdulillah sya sudah lama tidak pacaran lg..
dalam Islam memang betul tidak ada pacaran atau tidak mengenal pacaran..
saya meliaht kenyataan yg ad dalam masyrakat, bahwa dulunya mereka pacarn dan sampai kepada pernikahan.. allhamdulillah pernikahan itu masih tetap utuh,,

yg ingin saya tanyakan bgaiman qt bisa mengenal seorang calon pendamping hidup qt, tanpa harus pacaran?? syukrann..

kita kenalkan diri kita ke orang tua sang calon pendamping. anggap saja untuk silahturahmi dan mengenal satu sama lain

ass…kum…
sya mw nnya nich,,,
klo pcran lwat hp leh gg ?????

tetap saja haram yg namanya pacaran apalagi melalui alat komunikasi

assalamu’alaikum
q btuh nshat n coment nieh…..
nrut anda pa yg hrus q lakuin,
q dh pcran 1thun,n ckrang q dh tau hkumnya pcran
q tkt ma siksa Allah SWT,q dh coba mtus dy,,tp q g tega wat dya kcwa,,dy dh baikkk bgt ma q n rela nglakuin pa ja biar q bhgya..
q bngung pa yg hrua q lakuint???????????

kenapa ga langsung nikah aja, kalau trus dilanjutkan yang ada kmu melakukan perzinahan dan itu akan dilaknat oleh allah swt.

“assalamu’alaikum
sy mau tny klu pcrn yg hnya status,tdk prnh pegang2n,mementingkn ptrestasi d skul,klu ktmu pst rame2 ma tmn2.msh d bil haram gx?
tolong djlskn y
trimakasih :)”

yang tw hnya allah swt dan saya hnya prantara tapi kalau saran saya jangan trlalu sering anda brtemu karna bza saja ada setan yang akan mngganggu kamu dan kamu akan trjerumus ke dalam prbuatan zina.

assalamualaikum.wr.wb.

Kalau menurut saya sah2 aja,,,,,,
yang penting tidak melewati batas ketentuan yang telah di ajarkan agama,,,,,
apakah tuhan pernah melaknati seseorang yang dalam hidupnya berpikir pacaran sebagai pembawa motivasi dalam hidupnya,,,,,,
ataukah tuhan melarangi umatnya untuk tidak mengenal cinta,,,,,,

mo tnya nii, ada yg bisa jwb gk..?
misal skrg nii saya gii pacaran , tpi slma pacaran saya gk prnah nglakuin hal-hal yg diharamkan oleh Allah & smoga aja saya gk bkl prnah nglakuin prbuatan prbuatan haram tsb …

truz sebaiknya gmna , apakah saya haruz mninggalkan pacar saya ? atau saya ttp brpcaran ?
tapi saya bingung ?
saya blum siap bwat kehilangan org yg saya sayang …

kenapa anda ngga menikah saja?

saya aja masih sekolah , trus neg mzti nikah sekolah saya gmn …
apa ada solusi laen ??

Bismillah…

Diatas sudah dijelaskan panjang lebar tentang pacaran itu akan mendekatkan diri kita kepada zina. Zina di situ tak hanya tentang tingkah laku yang melanggar tapi juga dimaksud adalah tentang panjagaan hati. Ketika hati kita jauh dari Allah karena ibadah kita tak khusyu’ hanya krn memikirkan si dia, niat kita beribadah bukan karena Allah melainkan riya karena si dia de el el…sampai pada ‘ketakutan’ kita kehilangan orang yang kita sayangi padahal Allah telah menyiapkan jodoh terbaik pilihan-Nya untuk kita sejak kita dalam kandungan.

Hidup adalah pilihan.

Wallahu ‘alambissawab

Bismillah…

Dari ibnu Mas’ud, ia berkata :
“Rasulullah bersabda : ‘Hai para pemuda, siapa diantara kamu mampu (menanggung) beban nikah, menikahlah karena sesungguhnya menikah itu dapat menundukkan pandangan dan dapat menjaga kemaluan. Barang siapa yang tidak mampu hendaklah berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu (menjadi) pengekang syahwat baginya.

Wallahu ‘alambissawab.

ada solusi lain bicarakan pada doi lalu bilang sama dya dngan mnggunakan bahasa yg lmbut kalau kamu ingin fokus ke pelajaran ruz kmu jgn bilank putus hanya sbagai shbat

pasti anda akan melakukannya tapi secara tidak sadar ya bza saja anda bicara bgtu tpi kmu tidak akan mnyadarinya scara langsung. jgn tinggalkan dy anggap dy sbagai shbat saja tapi klo saya sarankan anda mmpunyai bnyak teman

hukum haram dalan islam tentang pacran tu apa masih bisa dibantah?
apa ada hikmah dibalik pacaran tu???

aduh pusiiiiing…

Hai mbak Inel,
Yang namanya hukum itu baik dalam Islam maupun dalam hukum apapun pasti dibuat untuk ditaati kan? :D bukan untuk dibantah :D
Kalau kita resapi dengan hati yang ikhlas, pasti kita akan mengetahui segala hikmah dibalik aturan-aturan yang Allah dan RasulNya terapkan untuk kita.

assalamu ‘alaikum. saya pux pcar, tpi tdk prnah bedua2an, stiap hari saya di beri nasehat sama dia ttg islam dan akidah, sy jg di suruh bngun shalat tahajjud, dia juga pux ” jenggot”> mnurut sy tdk ada yg berdosa diantra kami. syukron

azkum teman aku mau kasih caran nie bwat u………jngann lah pacaran kata sahabat m,ungkin lbh baik ok…….. wassalam

waah… gk jd nmbak cewe ah ! :)
ntar mti lg…

bagus itu berarti anda sadar. nanti anda pasti dapat yg lebih baik lagi

bagaimana tuuuk bisa menahan rsa ingin pcran

bisa kok

berkurung diri aja di rumah menjelang ada yg melamar

dekatkan hti kmu sama allah

Asslm Wrwb

Saya mau tanya, pacaran dalam AlQuran memang tidak ada ,, namun yg diharamkan adalah perbuatan yg mendekati Zina.
Namun bagaimanakah hukumnya jika pacaran saya tidak pernah melakukan hub.fisik (ciuman,pelukan, atau bahkan zina), namun hanya seperti berteman biasa. yg membedakan hanya padasaat disms, atau tlp kita beri perhatian lebih!

Mohon dijelaskan

Terimakasih

Mbak Selvia,
Seperti yang mbak katakan bahwa dalam Islam itu memang tidak dikenal istilah pacaran namun dikenal istilah ta’aruf yang bertujuan untuk bisa mengenal calon pasangan sebelum menuju pelaminan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penyesalan ketika sudah menikah nanti.
Namun dalam proses ta’aruf tetap harus memegang nilai-nilai ajaran agama, artinya tidak boleh melakukan hal-hal yang dapat mendekatkan pada perzinahan (misalnya berdua-duaan dsb). Mohon maaf bila jawabannya kurang berkenan :D

assmikum..
ka, mau tanya. kalo misalnya kita sudah terikat yang namanya pacaran dengan seseorang tapi tidak pernah melakukan hal yang mendekati zinah, tapi hanya lewat telpon atau sms tidak pernah pegangan tangan dan lainnya. apa itu masih bisa di bilang haram???
terima kasih, di tunggu jawabannya.
wssalam.

wah bgus,,, q sebarin yah ilmunya

alhmdulillah kta masih dijaga

Pacaran adlah jlan sesat yg dtwarkan syetan supaya nanti ya
kita menjadi teman bagi ny. …..Naudzubillah

Menurutku sih pacaran boleh2 za,,asal tidak melampaui batas dalam hal pacaran…..Mang sih anak muda zaman sekarang lo pcran skanya yang aneh2 gituuuuuuu……

sama kaya man lo klo pacaran mnta’a aneh2 ya kan?

.
.
.assalmu’alaikum…
.saya terlahir dalam suatu keluarga yang anti pacaran…
.dan saya juga seorang yang tak ingin mendustai orang tua dengan “backstreet”
.jdi saya terbiasa utk slalu menghindar dari seseorang yang memiliki perhatian lebih pada saya (pria)
.apakah perbuatan saya sudah benar??
.apakah saya termasuk orang yang sok jual mahal???
.lari dari jodoh…?
.
.

walaikum salam mbak firda,
Menurut saya, tidak berpacaran bukan berarti tidak berteman :D, kalau memang mbak merasa bahwa seseorang (pria) memberi perhatian yang lebih pada mbak, tidak perlu menghindar apalagi sampai tidak bersilaturahmi lagi. Selama perhatian yang diberikannya itu masih dalam batas wajar pergaulan laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim, tidak masalah.
Masalah sok jual mahal, itu relatif, tergantung orang yang memandangnya :D
Kalo masalah lari dari jodoh? mmm…..hhh… orang yang sudah bertunangan saja masih ada yang batal :D jadi masalah jodoh itu sangat rahasia :D

firda…
maaf saya ikut menjawab tanyamu tanggal 15 juni ’10,
sikapmu itu tepat dengan meninggalkan pacaran / backtreet.
hal itu bisa menjaga hatimu bersih ‘n hati pria yang mengenalmu akan mengoreksi diri untuk meningkatkan iman di hatinya,
maaf firda… perkenankan aku memberitahu no hp aku, siapa tau aku bisa menuntut ilmu darimu.
v-card : 085229211144
makasih,
wassalamu’alaikum wr wb.

pacaran kan dlm islam hukumnya haram…
tp gmn law seorang wanita menyukai seorang laki”,.. dia sudah 3 thn menyukainya….
dan dya gug bza truz menymbunyikan prasaanya ma cwo trsbt….

tlong ksich sarannya…..

Mempunyai perasaan suka itu bukan hal yang dilarang, itu manusiawi :D, kalo masalah perasaan yang terpendam selama 3 tahun itu, mungkin anda bisa menggunakan jasa comblang (misalnya teman :) ), tujuannya kan hanya untuk memberitahukan tentang perasaan yang anda rasakan terhadap dia, siapa tahu dia juga punya perasaan yang sama tetapi tidak berani mengungkapkan. Mudah-mudahan sih perasaannya sama, kalo udah sama, tinggal menyatukan dua keluarga :D (jangan pacaran lho, ntar malah terjerumus ke jalan yang salah :D)

amin……………
smoga qt smua dilindungi alloh SWT…………

subhanallah….
begitu indahnya islam itu…
semoga Allah selalu melindungi kita dari zina…

KL. Qt dh tau kLu pcran tu diLrang oLeh ALLah,Cz pcran trmsuk yg mndkati zina,knpa Qt Hrus mncri pmbenran2 yg ingin mengedepankan nafsu manusia sja…Hkum Allah kan sudah jelas kebenaranNya…Mka mriLah Qt smw brusha tuk mLkukan yg trbaik dg mengharap Ridho’Nya…Amien..,,

subhanallah……..
semakin menguatkan hati saya untuk tidak pernah berpacaran……..

subahanallah….

hmm, syukron..artikel bagus..memang tiap niat baik selalu ada kendala, ana maupun dia sudah ingin menikah, tapi orang tua kurang merestui, jadi saat ini yang bisa ana lakukan tetap menjaga hubungan dengannya, tapi dilain sisi ana amat khawatir dengan tipu daya syaitan, apa yang harus ana lakukan, apa ana harus mengakhiri hubungan ini?? mohon solusinya, jazakallah

aku stuju bgt tp khan klo tunangan hrus pacaran dl……..?

subhanallah, , ,
gmna ya caranya byr putus ma pcarnya ak coz ak dach 2 thun pacarn, , ,mohon d blz

kenapa harus putus? kalo memang sudah cocok ngga perlu putus malah lebih baik langsung menikah aja :)
masalah yang telah lalu ngga perlu dirisaukan karena selama kita berniat baik untuk memperbaiki diri, Allah pasti akan menerima taubat kita :)

ptus dlam hubungn pacaran ng PA2, YANG PNTING HUBUNGAN SILATURAHMI JANGAN PRNAH PUTUS,…OKE..?

..bgus deh klo gitu…
..byar pda nyadar!!! hei para manusia” yang sudah berpacaran, janganlah kmu brpcaran di dunia ini..
..karena hukumnya haram dan sangatlah keji..
..hahaha :D..

subhanalloh

Allah maha besar

artikel’y bgs bgt q ska setiap membacanya hati ini langsung teringat pada yang maha kuasa (allah),ya sih mmg dlm islam tidak di kenal berpacaran yg ada taarufan smg sy slu teringat tentang hukum berpacaran aminnnnnnn

Artikelnya bagus..namun entahlah.Banyak sekali artikel seperti ini bertebaran.Dan semakin banyak pula yang telah mengerti pacaran itu haram tetap dijalankan.Dengan alasan pacaran secara islami.Adakah pacaran secara islami itu.

Hadits ttg korupsi ada ga? penyakit paling kronisnya Indonesia tuh..

korupsi itu sodaranya mencuri…….

haram? oke deh klo haram , trus ada yg bisa ngasih tips dan trik buat menghadapi tuntutan lifestyle gmn dong? ejekan2 kya misalnya “hah?! lo masih jomlo?” atau “serius lo blom pernah pacaran ? padahal umur dh 20-an?” pasti akan dialamatkan pada anda tentunya jika blom pacaran. heheheh….ada yg bisa kasih solusi? no offense

Hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits itu kan hukum Allah sang Penguasa alam semesta, mengenai kekhawatiran anda akan ejekan teman-teman, menurut saya bukan hal yang perlu dirisaukan. Mengikuti gaya hidup zaman sekarang bukanlah suatu keharusan, tapi mengikuti ajaran agama merupakan kewajiban. Iya ngga? :)

iya betul banget tuuuuuuuuuh.

Cuekin aja deeh.. yang gitu koq didengerin.. ya tinggal pilih aja.. siksaan ucapan temen apa siksaan neraka?? klo mw pacaran.. ntar aja deh nunggu habis nikah.. lebih AFDHOL..

Yup setuju, lebih afdol kalo dah nikah…. :)

Hukum Pacaran HARAM.
Orang yang berpacaran ternyata awal mulanya mereka-mereka yang belum mengetahui AGAMA.
Jadi kalau kita-kita yang sudah mengetahui AGAMA dan pacaran itu HARAM kenapa ikut-ikutan mereka yang g’ tahu AGAMA.

saya berusaha untuk tidak berbuat yang dilarang allah. tapi semakin kuat godaan itu………………………….? tolong gimana solusinynya dari diri dan dalam jiwa ini

Sering-seringlah berzikir mas, kalo memang sudah mampu untuk menikah, lebih baik menikah. Bukankah Rasul juga mengajarkan begitu? Bila memang belum mampu menikah, berpuasa, wallahua’lam.

Kalau pacaran hanya status ga pernah pegang2an tangan apalagi bercumbu? Ya hanya merasa suka dan syg? Tapi suka mandang2 mata jg sih(haram)
tapi Remaja kan lagi puber2nya, suka sama lawan jenis katanya wajar??
Bingung, sampai sekarang blm tau jawabannya. Kalau pacaran yg ky gitu dosa / ga. Tolong dijawab ya.

ya menurut saya,, kalau suka sama lawan jenis wajar-wajar saja.. tapi tergantung sama yang menjalaninya.. pacaran itu dalam islam tidak dilarang karena islam hanya melarang mana yang boleh dan mana yang tidak boleh,, jadi kalau pacaran itu harus tau batasan-batasan dalam berpacaran menurut hukum islam………
sepengetahuan sya seperti itu !!!!!!!!

maap meskipun kita tau batasan-batasan ttg pacaran, tapi kebanyakan orang itu kebablasan, dan akhirnya melanggar deeeeh apa yang di haram kan.

emm..ikut coment ya..
syya pernah denger kalo misalnya kita suka sama seseorang terus kita memendamnya dan gak pernah mengungkapkan perasaan itu insya allah kita akan mendapatkan pahala, tapi kalo udah pemikirannya ke arah negatif malah akan jadi dosa.

semoga kita selalu berada di koridor yang di ridoi Allah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: