EBOOK DOWNLOAD

Khasiat Makanan Kita

Posted on: 9 Agustus 2009

apelBuat saudaraku, setelah kemarin-kemarin saya posting tulisan tentang terorisme atau hal-hal yang berbau politik, sekarang saya refreshing dulu dengan postingan mengenai makanan he….he….

Kalo terus-terusan ngomongin masalah politik atau terorisme, duh kayanya bikin jidat ini keriput melulu he…he…. Tapi kalu yang dibicarain masalah makanan biasanya bukan jidat yang keriput tapi bibir yang sumringah he..he….

Oke sekarang kita langsung aja ke tulisannya ya….. Di bagian ini saya akan coba berbagi informasi tentang khasiat dari makanan kita sehari-hari.

Setiap orang pasti peduli dengan cita rasa makanannya. Tapi berapa orang yang peduli dengan khasiat makanan yang mereka santap?

Beberapa makanan diyakini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, sehingga layak disertakan dalam menu sehari-hari atau seringkali kita sudah mengkonsumsinya namun belum tahu khasiatnya. Makanan apa saja yang akan dibahas di sini? Ini dia :

1. Apel

Apel dikenal sebagai sumber serat, baik yang larut dalam air maupun yang tidak. Serat yang larut dalam air seperti pectin dapat membantu mencegah menempelnya kolesterol di dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, serat yang larut dalam air juga dapat menurunkan resiko terjadinya arterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung. Sementara serat yang tidak larut dalam air akan ikut membersihkan saluran pencernaan.

Sebaiknya Apel dimakan dalam keadaan segar, tanpa diolah, bersama kulitnya. Selain hampir setengah dari kandungan vitamin C Apel ada di kulitnya, untuk anak-anak, vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Sedangkan konsentrasi tinggi serat pada Apel, berfungsi mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi yang disebabkan oleh tumpukan plak.

Sementara untuk pria, penelitian di Mayo Clinic tahun 2001, membuktikan bahwa quarcetin (sejenis palvonoid pada Apel) dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostate.

Oleh karena itu, tidak salah jika orang bilang : “One apple a day keep the doctor away”.

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber berbagai vitamin dan mineral. Dengan kandungan vitamin C-nya, brokoli dapat membantu penyerapan zat besi (fe). Brokoli juga kaya akan antioksidan (zat yang memperlambat oksidasi asam-asam lemak tak jenuh).

Selain itu, tes laboratorium menemukan bahan kimia dalam brokoli yang bernama sulfaraphane (SFN), bisa membunuh kuman penggangu kerja lambung yang merupakan penyebab utama kasus luka dan kanker lambung. Tentu saja, ini memberi dampak sangat positif bagi kesehatan. Kini, para peneliti Jhon Hopkins University di Baltimore AS berharap bisa membuktikan bahwa diet sayur yang mengandung banyak SFN bisa membantu mengatasi infeksi kuman ini.

3. Daging Sapi

Daging sapi mengandung protein dalam jumlah tinggi yang mudah dicerna ketimbang protein yang berasal dari nabati. Daging sapi juga mengandung energi 250 kkal/100 g dan kadar lemak sekitar 4-40 persen.

Kolesterol daging jumlahnya relative lebih rendah dibandingkan dengan jeroan ataupun otaknya. Kolesterol pada daging merupakan bahan dasar pembentukan hormone steroid, yaitu progesterone, estrogen, testosterone, dan kortisol. Zat-zat ini dibutuhkan untuk mengatur fungsi aktifitas biologi tubuh. Jika kadar kolesterol dalam tubuh sangat rendah, maka dapat mengganggu proses menstruasi dan kesuburan.

Daging juga mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi, serta vitamin , seperti vitamin B kompleks, namun rendah kadar vitamin C. bila daging dimasak menggunakan air, banyak vitamin, mineral, dan asam amino (komponen protein) yang terlarut di dalam kaldu, sehingga kaldu sering disebut memiliki nilai gizi yang cukup baik.

4. Ikan

Ada dua kelompok vitamin dalam ikan, yaitu larut dalam air dan larut dalam minyak. Vitamin yang larut dalam minyak yaitu vitamin A dan D, ada dalam minyak ikan. Sedangkan vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B, yaitu B6, B12, Biotin, dan Niasin. Kandungan vitamin tersebut lebih banyak terdapat pada daging ikan yang berwarna gelap. Tak hanya vitamin, ikan juga mengandung banyak mineral, diantaranya magnesium (Mg), fosfor (P), Iodium (I), Fluor (Fl), zat besi, tembaga (Cu), seng (Zn) dan Selenium (Se). ikan laut banyak mengandung iodium yang berguna untuk mencegah penyakit gondok.

Selenium yang bekerja sama dengan vitamin E dalam tubuh kita berperan sebagai zat antioksidan. Selain itu, selenium bersama vitamin E juga kan mempertahankan elastisitas jaringan tubuh. Bila tubuh kekurangan selenium, maka akan terjadi penuaan dini. (kayaknya anda para wanita setelah baca ini pada ngeborong ikan nih he..he..he..)

Kandungan flour ikan dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi. Namun, ikan bukan sumber kalsium (Ca) yang baik, kecuali kalau dimakan dengan tulangnya (kaya kucing gitu he.he..he..) seperti ikan teri.

Ikan juga sumber Omega-3 yang berperan dalam tumbuh kembang otak, selain juga melarutkan kandungan kolesterol yang tinggi di dalam darah. Jenis ikan yang merupakan sumber Omega-3 antara lain lemuru, tuna, cakalang, kembung, makarel dan salem.

5. Pisang

Pisang bisa menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan denga buah-buahan lain. Kandungan energi pisang merupakan energi instant yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Misalnya, di saat-saat istirahat atau jeda, atau pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia untuk aktivitas biologis.

Pisang juga kaya mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium, serta vitamin seperti provitamin A (betakaroten), C, dan B kompleks. Vitamin B6 berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintesis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter (senyawa kimia yang menghantar rangsang dalam kelancaran fungsi otak). Tak heran, kalau orang tua kita sejak dulu menyuapi bayi dengan pisang.

6. Stroberi

Kandungan zat penting yang ada dalam buah stroberi antara lain nitrogen (N), fosfor, kalium, kalsium, magnesium, sulfur, serta mikronutrien seperti zat besi, mangan, seng, tembaga, boron, dan molybdenum (Mo).

Asal Anda tahu, stroberi adalah bintangnya antioksidan. Stroberi mengandung banyak vitamin C serta flavonoid yang dipercaya dapat menekan LDL (kolesterol jahat) agar tidak teoksidasi dan merusak dinding pembuluh darah. Tak hanya itu, buah stroberi juga mengandung zat yang mengikat zat kimia penyebab kanker (karsinogen), sehingga membuatnya tidak aktif.

(disarikan dari majalah AyahBunda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: