EBOOK DOWNLOAD

Membahagiakan Rumah Tangga

Posted on: 27 Agustus 2009

cincin pernikahan

cincin pernikahan

Alhamdulillah, setelah beberapa hari tidak online karena sibuk ngurusin anak yang sakit, kini saya bisa online lagi seiring dengan kesembuhan anak saya. Alhamdulillah.

Mengiringi suasana Ramadhan yang penuh berkah ini, sekarang saya ingin berbagi informasi dengan saudaraku sekalian tentang bagaimana cara membahagiakan kehidupan perkawinan kita. Silahkan simak uraiannya.

Tak dipungkiri bahwa rasa bosa, jenuh, dan malas kadangkala mengusik keindahan mahligai keluarga rumah tangga. Celakanya, sang istri seringkli dianggap sebagai penyebab utamanya, karena ia dinilai kurang berperan secara optimal. Benarkah demikian? Untuk menjawabnya, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena ada faktor yang melatarbelakanginya.

Keindahan batin, adalah faktor yang sangat penting dalam upaya mewujudkan keluarga rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Sifat rela, sabar, setia, dan taat kepada suami merupakan sebagian dari rangkaian kewajiban istri yang sangat dibuthkan dalam menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga.

Seorang istri mestinya meyakini bahwa suami adalah laki-laki pilihan yang diberikan Allah kepadanya. Sebagai konsekuensinya, maka istri harus menerima segala yang ada pada suaminya serta yang didapatkan darinya dengan penuh rasa ikhlas. Dengan dilandasi sikap zuhud dan berpandangan bahwa kekayaan yang hakiki adalah kekayaan jiwa. Orientasi materi tak akan mendapat tempat di hati seorang istri yang solihat.

Namun, justru banyak wanita yang terjebak ke dalam nafsu duniawi, sehingga menuntut terlalu banyak dari suaminya. Tak heran kalau disebutkan, bahwa sebagian besar penghuni neraka adalah wanita yang tidak mensyukuri pemberian suaminya.

Pada sisi lain dalam pelaksanaan tugas sebagai pemimpin, seorang suami tak terlepas dari keterbatasannya sebagai manusia. Kadangkala muncul ketidaksabarannya yang kemudian berbuah menjadi amarah. Dalam menghadapi amarah suami, seorang istri harus mampu bersikap bijaksana, dan bisa menempatkan diri dengan tepat. Rasulullah menganjurkan seorang istri agar meredam amarah suami, baik itu amarah karena kesalahan sendiri, kesalahan istri, maupun faktor dari luar. Untuk itu diperlukan sikap sabar, mau koreksi diri, dan segera minta maaf tiap kali menyadari kesalahannya.

Sesungguhnya rasa cemburu seorang istri kepada suami merupakan hal yang wajar dan manusiawi. Sebab, rasa cemburu ini merupakan salah satu bukti cintanya. Namun, ada rasa cemburu yang dicintai Allah, dan ada yang justru dimurkai Allah.

Sebagai istri dituntut untuk bisa mengandalikan rasa cemburu dengan tepat setiap kali menghadapi suami yang mempunyai perhatian lebih kepada orang lain, terutama kepada wanita yang lain. Seorang istri hendaknya menghiasi dirinya dengan perangai itsar, yakni mementingkan orang lain daripada dirinya, menjauhi sikap ananiyah (egoisme). Selain itu, juga perlu dipahami bahwa orang yang paling berhak atas diri istri adalah suaminya, dan yang paling berhak atas diri suami adalah ibunya.

Walau bagaimana pun, untuk tetap mempertahankan keharmonisan hubungan suami istri atau rumah tangga, seorang istri tidak bisa mengabaikan keindahan lahir. Dalam Al-Quran wanita disebut dengan Annisa yang mengandung makna identik dengan kelembutannya.

Salah satu karakter wanita adalah suaranya yang indah dan lembut yang sering menimbulkan perasaan bahagia dan sukacita bila berbincang dengannya. Potensi ini akan sangat bermanfaat sepanjang seorang istri hanya mempersembahkannya kepada sang suami.

Sebaliknya, jika potensi itu diberikan kepada laki-laki lain, memungkinkan timbulnya fitnah. Sebagaimana diperingatkan Allah SWT dalam Quran surat Al-Ahzab ayat 32 yang artinya : “Janganlah kalian melembutkan suara dalam berbicara sehingga terusiklah orang yang ada penyakit di hatinya, dan berkatalah dengan kata-kata ma’ruf”.

Fitrah wanita yang lain adalah suka berhias dan bersolek. Islam tidak mengabaikan hal ini, bahkan memuji dan mengangkat tinggi kedudukan seorang wanita yang berhias dan bersolek dalam rangka mewujudkan kebahagiaan kehidupan rumah tangganya. Karena itu, setiap istri hendaklah selalu memperhatikan dandanan dan mempercantik diri di hadapan sang suami untuk menciptakan sukacita dan memperkuat bangunan cintanya.

Bagaimana seharusnya berhias dan bersolek agar tidak menimbulkan fitnah? Dalam berhias dan bersolek hendaknya dilakukan secara proporsional, tepat waktu dan pada tempatnya. Karena ada waktu-waktu yang utama untuk berhias. Sebab, keindahan lahir yang dianjurkan dalam Islam diantaranya yaitu menghiasi diri dengan wajah cerah, menyambut kedatangan suami dengan kabar yang menyenangkan, dan memakai wewangian dalam batas yang dibenarkan.

Jima (seks) merupakan hal penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan berumah tangga, dengan digaulinya seorang istri adalah hak istri yang ada pada suami. Sebaliknya pemenuhan hak itu dengan segera adalah hak suami yang ada pada istri.

Rasulullah SAW sangat menekankan masalah jima (seks) sebagaimana dikemukakan dalam hadits dari Abu Ali Thalaq bin Ali Ra, bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda : “Apabila seorang suami mengajak istrinya, maka penuhilah segera meskipun ia sedang berada di dapur.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Karena itu, ada ancaman besar bagi seorang istri yang menolak ajakan suaminya tanpa alasan syar’i (alasan yang dibolehkan oleh agama). Dalam suatu riwayat dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah bersabda : “Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur dan istrinya tidak memenuhinya, lantas suaminya bermalam dalam keadaan marah, maka malaikat mengutuknya hingga pagi.” (HR. Muttafaqun Alaih).

Sebab, penolakan oleh sang istri dapat menimbulkan dorongan bagi suami untuk berburuk sangka dan bisa menjadi rangsangan bagi suami untuk membenci istrinya. Bahkan, bila suami yang tidak memiliki iman yang kuat, maka ia bisa saja mencari wanita lain, dan bila kondisinya sudah demikian, maka kehidupan rumah tangga hanya tinggal menunggu waktu kehancurannya.

(Disarikan dari Majalah Perkawinan dan Keluarga).

1 Response to "Membahagiakan Rumah Tangga"

wah mbak,,,jadi pengen cepet- cepet married nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: