EBOOK DOWNLOAD

Tips Mengelola Stress

Posted on: 28 November 2009

stressKeadaan zaman yang serba susah seperti sekarang ini, sangat mungkin menimbulkan stress, entah di kalangan orang yang punya duit, apalagi di kalangan orang-orang yang kesusahan. Stress bisa hinggap pada siapa saja. Nah, kalau anda salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mengalami stress, berikut ini ada tips yang sangat menarik untuk dibaca yang diadaptasi dari majalah Perkawinan dan Keluarga. Silahkan simak!

Tidak Tergesa-gesa dalam Hidup

Maksud dari kata-kata tersebut bukan berarti kita harus santai-santai dalam mengerjakan sesuatu, namun kita harus berusaha untuk menghindari hal-hal yang membuat kita menjadi tergesa-gesa. Misalnya, kita begadang, padahal kurang bermanfaat dan kurang perlu sehingga kita jadi bangun kesiangan. Akibatnya kita menjadi kehilangan banyak waktu berharga untuk memulai hari yang baru, kita jadi tergesa-gesa berangkat ke kantor atau ke tempat kita mencari nafkah. Sering tergesa-gesa dalam suatu hal bisa menjadi salah satu pemicu stress. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan rapi sehingga tidak membuat kita tergesa-gesa ketika hendak melakukan suatu pekerjaan.

Tersenyum

Senyum adalah obat mujarab untuk menghilangkan stress. Masih kaitannya dengan bangun pagi-pagi, begitu banyak keuntungan jika kita bangun pagi. Sebelum kita pergi ke tempat kerja, kita bisa bercanda dulu dengan anak dan istri tercinta, kita bisa sarapan dengan tenang, kalau kita punya peliharaan, kita juga bisa menyapa mereka dulu dan semua tentu dengan senyuman. Sungguh indah jika kita memulai hari yang baru dengan senyuman. Insya Allah stress akan jauh dari diri anda.

Menyediakan waktu untuk rileks

Seminggu berkutat dengan pekerjaan, tentu sangat melelahkan, entah itu yang bekerja di kantoran, atau juga yang berwirausaha. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang diluar pekerjaan, seperti melakukan kegiatan yang merupakan hobi kita, pergi ke tempat wisata bersama keluarga dan lain sebagainya. Dengan begitu, insya Allah stress tidak akan betah tinggal dalam diri kita.

Olah raga, makanan bergizi, dan tidur yang cukup

Tak dapat disangkal lagi bahwa ketiga kegiatan ini benar-benar besar hikmahnya dalam menyembuhkan stress. Tak perlu harus main tenis atau bulu tangkis kalau justru itu membuat tubuh terlalu lelah, namun cukup dengan lari pagi atau bahkan cukup dengan jalan cepat sambil menghirup udara segar, atau kalau anda malas keluar rumah, di halaman berlatih senam ringan juga tak kalah manfaatnya. Olahraga dan kegiatan berpikir yang keras sepanjang hari membutuhkan masukan makanan bergizi. Makanlah cukup sayur dan vitamin untuk menangkal kemungkinan anda terserang penyakit akibat stress misalnya penyakit jantung koroner. Tetapi, begitupun belum cukup kalau kita kurang tidur atau istirahat. Cukuplah anda tidur agar senantiasa segar sepanjang hari.

Tidak bekerja terus dari jadwal ke jadwal

Banyak penderita stress akibat bekerja yang kelewat ketat waktu, langsung bekerja dari satu jadwal ke jadwal lain. Padahal pikiran atau otak perlu istirahat, yang dengan begitu justru membuat kita menjadi segar setiap memulai suatu pekerjaan.

Selalu bertawakal kepada Allah

Di atas semua yang dikemukakan tadi adalah dengan mengamalkan ajaran agama dengan baik. Bagi umat Islam, bertawakal kepada Allah adalah suatu keharusan. Tawakal artinya menyerahkan segala aktivitas hidup kepada Allah atas semua hasilnya. Menyandarkan hidup kepada Allah Yang Maha Kuasa akan memberikan ketenangan dan kedamaian dalam hati dan jiwa. Karena sebagai manusia tidak mempunyai kemampuan untuk memastikan setiap hasil usaha atau harapan yang kita tetapkan. Jika kita tidak menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT, maka jika kita mengalami kegagalan, kita akan stress.

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: