EBOOK DOWNLOAD

Azoospermia Menyebabkan Pria Mandul

Posted on: 9 Desember 2009

Azoospermia adalah tidak adanya sel-sel sperma ketika ejakulasi, walaupun cairan semen tetap berproduksi seperti biasa. Oleh karena itu, laki-laki yang azoospermia dikategorikan pula sebagai pria yang infertile.

Kebanyakan orang yang mengalami azoospermia tidak mau diperiksa karena mereka merasa normal, sebab ketika melakukan hubungan seks dengan istri, saat ejakulasi ia memancarkan cairan semen. Padahal, dalam cairan semen tersebut sama sekali tidak mengandung sel sperma sehingga tidak akan bisa membuahi sel ovum.

Adapun yang menjadi penyebab dari keadaan di atas, setidaknya ada 3 penyebab, yaitu :

Gangguan hormon

Gangguan ini terjadi karena hormon gonadottopin yang merangsang testis untuk menghasilkan sperma terganggu. Akibatnya, testis tidak bisa terangsang untuk menghasilkan sperma. Bila ini terjadi, sperma yang diproduksi bisa berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Gangguan Testis

Yaitu gangguan yang terjadi pada testis itu sendiri. Testis tidak berkembang waktu pubertas. Gangguan testicular ini merupakan kelainan bawaan atau bisa juga testis mengalami gangguan karena penyakit orchitis yang disebabkan infeksi bakteri pada anak buah zakar. Gangguan ini lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada testis sehingga akhirnya testis tidak bisa memproduksi sperma.

Luka pada saluran sperma dan ejakulasi

Luka pada pembuluh atau saluran yang membawa sperma bisa disebabkan oleh faktor dari luar seperti infeksi TBC. Infeksi tersebut kemudian masuk ke dalam pembuluh darah atau saluran limfe, dan terus menjalar ke tempat lain. Apabila kebetulan infeksi tersebut mengenai pembuluh penyalur mani, maka saluran sperma akan tertutup.

Namun, hal ini bisa juga disebabkan oleh infeksi dari penyakit menular seksual seperti sifilis (raja singa) maupun gonore. Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya saluran sperma, sehingga bibit sperma tidak bisa keluar walaupun cairan semen tetap keluar seperti biasa.

Meskipun sangat tidak mudah untuk bisa hamil pada wanita yang suaminya mengalami ezoospermia, namun setidaknya masih ada harapan. Untuk ulasan selanjutnya, Insya Allah akan dibahas pada tulisan lainnya.

1 Response to "Azoospermia Menyebabkan Pria Mandul"

[…] Azoospermia Menyebabkan Pria Mandul […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: