EBOOK DOWNLOAD

Cara Sehat Menggunakan Bedak

Posted on: 1 Januari 2010

bedak dan kosmetikBedak memiliki banyak jenis dan kegunaan. Untuk wajah, dapat menggunakan bedak khusus wajah yang bsia digunakan perempuan ketika merias diri (make-up). Bedak untuk wajah memiliki dua peranan penting, selain membuat kulit wajah berkesan halus, juga mencegah agar kulit wajah tidak berminyak.

Fungsi bedak yaitu memberikan hasil akhir kulit yang lembut dan tidak kasar serta menutupi kekurangan yang tampak pada kulit, seperti flek, pori-pori besar, mengurangi atau menutupi minyak pada kulit khususnya kulit wajah yang dihasilkan oleh kelenjar keringat dan minyak.

Ada lima komponen dasar bedak, yaitu bahan penutup (covering), bahan slipt, bahan penyerap, bahan penempel dan bahan yang membuat si pemakai bedak memiliki kulit halus dan lembut. Bahan penutup adalah bahan yang dapat menutup defek pada kulit. Kandungan bahan penutup adalah magnesium oksida, titanium dioksida hanya terdapat pada bedak face powder dan bukan pada bedak badan.

Bahan slipt menjadikan bedak menjadi mudah menyebar dengan rata di seluruh permukaan kulit, dapat dijumpai pada bedak berjenis satinex. Satinex membuat penyebaran bedak menjadi lebih rata, lembut, halus dan tidak memberi efek memutihkan. Sebagai penyerap, bahan ini memberikan pengaruh apda sekresi kelenjar minyak dan keringat, sehingga tidak membuat kulit wajah tampak shinny (mengkilap).

Bahan yang membaut kulit jadi lebih lembut dan halus adalah kanji. Kanji yang digunakan diambil dari ekstra akar-akar, jamur, tumbuhan, buah-buahan atau kentang, gandum, beras dan jagung. Bedak wajah bisa juga ditambah bahan lain seperti whitening system (UV), mosturizer (pelembab), pewarna, preservative (pengawet).

Nah, sekarang bagaimana cara memilih bedak yang baik? Ini dia beberapa saran yang dianjurkan :

  1. Untuk menghindari bedak aspal (asli tapi palsu), belilah bedak di tempat penjual make-up yang resmi.
  2. Bedak yang masih baik, bisa dilihat dari warnanya yang masih terang dan rata permukaannya, untuk tanggal kadaluarsa, di kemasan bedak agak sulit ditemukan.
  3. Bila sudah mengalami perubahan seperti bau apek, berarti bedak tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi.
  4. Belilah bedak sesuai dengan jenis kulit wajah anda.

Untuk badan yang mengalami masalah seperti gatal atau iritasi, jenis bedak yang dapat digunakan berbentuk powder (bubuk), krim (lotion) yang berfungsi mengurangi rasa gatal dan masalah iritasi kulit. Perbedaan bedak badan dengan bedak untuk wajah terdapat pada komponen dasar bedak yaitu hydrated magnesium silica.

Kandungan hidrated magnesium silica bedak badan 80%, sementara bedak wajah 50%. Itulah sebabnya mengapa bedak badan lebih cepat merata. Selain itu, bedak badan biasanya ditambahkan asam salisilat, menthol, dan triklosan. Masing-masing berfungsi sebagai antiseptic dan pendingin kulit.

Bedak kosmetik dan bedak kesehatan

Disaat kita memakai bedak wajah, kita bisa juga menggunakan foundation (alas bedak). Foundation berfungsi menyamarkan dan membuat kulit tampak lebih mulus. Selanjutnya gunakan bedak tabur. Bedak tabur atau loose bertekstur ringan sehingga akan membuat kulit wajah tampak terlihat alami. Bedak tabur berfungsi menjaga agar foundation tetap menempel di wajah. Proses make-up diakhiri dengan compact powder (bedak padat).

Sebelum wajah ditaburi bedak, perhatikan kondisi kulit wajah. Jika berminyak, hilangkan dulu minyak pada wajah dengan tissue khususnya daerah wajah, yakni kening, hidung dan dagu.

Gunakan aplikator bedak lalu tekan perlahan di wajah dan ratakan secara perlahan. Bisa juga menggunakan kuas kosmetik berukuran besar, ratakan ke seluruh wajah sambil membuang sisa-sisa bedak.

Ketika menggunakan bedak kosmetik, disarankan untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya, bila tidak ingin mengalami masalah pada kulit anda. Selanjutnya pilih bedak untuk wajah sesuai dengan jenis kulit dan warna kulit anda. Untuk kesehatan, bedak berbentuk krim atau lotion dioleskan secara merata ke permukaan kulit yang mengalami masalah gatal atau iritasi. Sebaiknya kondisi kulit yang sakit dalam keadaan bersih, tidak lembab dan basah oleh keringat.

(sumber : Majalah perkawian dan keluarga)🙂

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: