EBOOK DOWNLOAD

Penemuan Planet Beriklim Mirip Tata Surya Kita

Posted on: 18 Maret 2010

Akhirnya……….. Setelah beberapa hari tidak bisa membuka internet karena ada tugas ke luar kota, kini saya bisa mulai lagi beraktifitas dengan dunia maya yang sangat menyenangkan🙂

Mohon maaf bila komentar temen-temen belum sempet saya approve karena memang seperti saya bilang sebelumnya saya off dulu dari dunia maya.

Ngomong-ngomong soal dunia, di luar angkasa sana terdapat banyak sekali planet-planet yang belum kita ketahui. Beberapa waktu lalu, para ilmuwan kembali menemukan planet yang disebut dengan CoRoT-9b yang katanya planet beriklim pertama yang ditemukan yang mirip dengan tata surya kita.

Kehadiran CoRoT-9b ini terdeteksi oleh misi luar angkasa yang didesain khusus untuk menemukan planet-planet yang tidak dapat terlihat dari bumi. Kalo ngga salah jarak CoRoT-9b dari bumi sekitar 1500 tahun cahaya (berapa km ya???). Kalau dilihat dari ukuranya, planet ini mirip dengan Jupiter tetapi kalau dari orbitnya, ia mirip Mercury.

Sejauh ini, para ilmuwan telah berhasil menemukan lebih dari 400 planet-planet yang berada di luar tata surya kita. Kebanyakan suhu planet-planet tersebut sangat panas, mereka memiliki garis orbit yang eksentrik, menjauh dan mendekat dengan pusat bintang sehingga hal tersebut memberi mereka suhu yang ekstrem.

Namun, CoRoT-9b memiliki iklim yang bersahabat. Dr. Deeg mengatakan masuk akal untuk menerapkan model yang dikembangkan untuk planet yang berada dalam sistem tata surya kita. Suhu permukaan planet ini diperkirakan antara -20 sampai dengan 160 derajat celcius. Planet ini ditemukan oleh tim internasional yang beranggotakan 60 astronom. Mereka mengidentifikasi planet ini dengan menggunakan metode “transit”.

CoRoT-9b telah ditandai oleh satelit corot, yang merupakan misi yang dipimpin oleh badan ruang angkasa Perancis Centre National d’Etudes Spatiales. Keberadaannya kemudian dikonfirmasi oleh pengamatan beberapa teleskop dari observatorium selatan Eropa, di Tenerife dan tempat lainnya.

Para ilmuwan mengatakan penemuan planet menunjukkan bahwa perkembangan sejarah tata surya kita telah berulang-ulang mengelilingi bintang lain.

2 Tanggapan to "Penemuan Planet Beriklim Mirip Tata Surya Kita"

KEREN GAN . .

semoga bisa ditempati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: