EBOOK DOWNLOAD

Fenomena Artis mencalonkan jadi Bupati dan Wakil Bupati

Posted on: 8 April 2010

Akhir-akhir ini, di Indonesia sedang ramai orang membicarakan fenomena artis ikut pertarungan Pilkada alias Pemilihan Kepala Daerah. Pasti semua udah pada tahu siapa aja yang saat ini sedang berjuang mencalonkan diri dan siapa aja yang saat ini sedang manggung alias udah berhasil duduk sebagai kepala daerah ataupun wakilnya.

Sebenarnya menurut saya🙂 fenomena ini biasa saja, masalah artis atau bukan ini hanya masalah pekerjaan saja. Ini pun bukan hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri sana seperti Amerika, ada juga bintang film yang menjadi Gubernur di salah satu negara bagian di Amerika, yaitu Arnold Schwarzneger yang salah satu filmnya yang terkenal yaitu Terminator.

Lalu, kenapa ada pro dan kontra?

Masalah mungkin muncul disebabkan oleh perbedaan cara pandang masing-masing pihak terhadap hal tersebut. Memang cukup rumit sih kalo ngebahas hal ini, soalnya kalo orang udah berbeda dalam pijakan awal, kesananya agak sulit untuk ketemu🙂

Sebagai contoh, orang yang berpijak pada kesetaraan gender akan sulit menemukan kesamaan pandangan dengan orang yang berpijak pada sisi religius, khususnya Islam, karena dalam pandangan Islam, yang harus menjadi pemimpin adalah laki-laki.

Namun, ada kesamaan antara semua pandangan terhadap kriteria seorang pemimpin yaitu orang tersebut harus memiliki kemampuan dalam memimpin atau dengan kata lain punya ilmunya. Tanpa disertai dengan ilmu, semuanya akan berantakan. Bagi orang muslim pasti tahu ada sebuah hadits Rasulullah yang mengatakan bahwa :

Bila suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya (yang tidak menguasai ilmunya), maka tunggulah kehancurannya“.

Saya jadi ingat waktu motor saya mogok, karena waktu itu jauh dari bengkel, akhirnya saya dengan temen saya memberanikan diri mengutak-atik mesinnya siapa tahu bisa jalan lagi, padahal saya dan teman saya itu sama sekali ngga tahu soal mesin motor. Alhasil, bukannya motor jadi jalan, malah tambah parah, bisa buka tapi bingung pasangnya lagi😦 , mungkin itu bisa dijadikan sebagai suatu ilustrasi🙂

Selain mapan dalam hal keilmuannya, satu hal yang sangat penting juga yaitu keimanan. Tanpa keimanan, orang tidak akan terkendali, karena orang yang tidak punya iman sudah pasti ia tidak takut dosa. Alhasil, ya begitulah korupsi di sana sini😦, orang ngga takut dosa!

Jadi, menurut saya dua hal tersebut, ilmu dan iman, sudah cukup mewakili kriteria ideal seorang pemimpin karena dua hal tersebut memiliki ruang lingkup yang sangat luas.

Mungkin salah satu hal yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan seseorang menjadi seorang pemimpin adalah keluarga. Keluarga adalah kelompok terkecil dalam suatu tatanan masyarakat, bila dalam memimpin suatu kelompok terkecil saja sudah gagal, apalagi untuk yang lebih besar? betul..betul…betul????🙂

Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: