EBOOK DOWNLOAD

Hujan Meteor Lyrids 2010

Posted on: 21 April 2010

Dalam tulisan yang lalu, pernah dibahas bahwa pada awal-awal tahun 2010 ini akan ada beberapa fenomena alam yang terjadi. Salah satu yang udah terjadi kemarin adalah gerhana cincin matahari. Nah yang paling baru dan lagi hangat-hangatnya dibicarakan sekarang adalah adanya fenomena hujan meteor Lyrids. Fenomena ini terjadi dari tanggal 15 April kemarin dan puncaknya itu pada hari Kartini tanggal 21 ini (berarti malam ini dong? ).

Sebetulnya hujan meteor ini bukanlah peristiwa yang aneh, apalagi bagi para ilmuwan. Namun, karena ini ngga terjadi setiap hari, jadi peristiwa seperti ini bisa disebut istimewa. Hal lain yang membuat peristiwa seperti ini terasa istimewa adalah karena ada yang rentang waktu terjadinya peristiwa serupa sampai ribuan tahun lamanya (bayangin aja kalo musti nunggu ratusan ampe ribuan tahun, musti berapa turunan lagi ya? :D)

Nah, hujan meteor yang puncaknya akan terjadi pada hari ini (21 April 2010), meteornya disebut Lyrids, karena menurut para ilmuwan, komet itu berada pada rasi Lyra (bukan Lyra Virna ya :D) yang meluncur meninggalkan debu. Para ilmuwan menambahkan bahwa pada malam Jum’at hingga 10 hari kedepan, pergerakan bumi akan melintasi ekor debu tersebut. Bagian yang menghadap ekor debu tersebut akan terlihat seperti hujan meteor.

Meteor Lyrids dapat disaksikan di sisi Timur Laut pada tengah malam dan sisi agak utara pada subuh atau dini hari seperti yang dilansir inilah.com. Meteor lyrid berada di sudut 31 derajat dari wilayah timur laut menuju utara. Melihat komet ini katanya lebih indah dengan mata telanjang (tapi yang lainnya jangan telanjang, ntar masuk angin :D).

Bagaimana agar kita bisa menikmati meteor lyrid ini dengan mata telanjang dan jelas? Ada tiga hal yang harus diperhatikan :

  • Wilayah tersebut harus memiliki cuaca yang cerah
  • Jauh dari polusi udara dan cahaya, sehingga pada saat mengamati komet tersebut, semua lampu harus dimatikan
  • Di sisi timur hingga utara, penglihatan tidak terhalang oleh pepohonan dan bebatuan

Udah ah dah malem, segitu dulu aja, besok terusin lagi😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: