EBOOK DOWNLOAD

Meteor Jatuh di Duren Sawit Jakarta

Posted on: 1 Mei 2010

Kalo dipikir-pikir, banyak sekali peristiwa yang terjadi di negeri ini yang menyita perhatian publik. Misalnya kasus ibu Prita, Luna Maya, trus di bidang pemerintahan dan politik (kalo ini paling sering mungkin🙂 ), nah yang lagi hangat-hangatnya sekarang soal film kontroversial Cowboys in Paradise dan meteor yang jatuh di pemukiman warga di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Mengenai meteor yang jatuh dan menimpa pemukiman warga kemarin, memang merupakan peristiwa yang cukup langka. Setidaknya ada dua alasan utama yang saya simpulkan dari hasil baca-baca dari tulisan temen-temen, yaitu pertama biasanya sebelum sampai ke Bumi, meteor tersebut hancur terbakar duluan di atmosfer, yang kedua biasanya meteor jatuh di tempat -tempat seperti laut dan hutan, bukan di pemukiman warga. Tapi, lagi-lagi itu kan hanya perkiraan berdasarkan ilmu manusia yang selalu tidak terlepas dari kesalahan🙂

Peristiwa yang terjadi kemarin memang membuat sebagian orang merasa khawatir jangan-jangan ada meteor susulan (kaya gempa aja :D) yang mungkin akan kembali jatuh ke daerah tempat tinggal mereka, tapi para pakar di bidang ini mengatakan hal tersebut sangat kecil kemungkinannya. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan sifat acak jatuhnya meteor, jadi kemungkinan untuk jatuh di tempat yang sama sangat kecil. Meteor-meteor tersebut jatuh secara acak di seluruh permukaan Bumi sebagaimana yang dikatakan Thomas Jamaludin kepada Tempo.

Meskipun demikian, meteor yang jatuh kemarin diperkirakan bukan meteor terakhir yang jatuh di Bumi Indonesia, hal itu mengingat bahwa negara kita berada di wilayah ekuator, yaitu wilayah yang memungkinkan hujan meteor paling lebat (kalo hujan duit sih lumayan :D). Meteor yang kemarin jatuh pun bukan meteor pertama, sebelumnya pernah terjadi beberapa kali hujan meteor di Indonesia. Meteor yang paling dahsyat dan paling digemari oleh ibu-ibu dan para ABG adalah Meteor Garden😀

Ini dia data meteor yang pernah jatuh di Indonesia :

1979

Meteor ditemukan jatuh di Prambanan, Jawa Tengah. Meteor ini merupakan meteor pertama yang jatuh di Indonesia (mungkin yang tercatat🙂 )

1811

Meteor seberat 10 ton ditemukan di Surakarta, gila berat banget kan?

10 Juli 1822

Kali ini meteor jatuh di Cirebon, Jawa Barat, beratnya kalo ngga salah sekitar 16 Kilogram

19 September 1869

Meteor ditemukan di Cabe Remban, Jawa Timur, beratnya 20 Kilogram

19 Maret 1884

Meteor ditemukan di Djati Pengilon, Jawa Timur, beratnya 1,66 kwintal

2 Juni 1915

Meteorit seberat 24,75 Kg ditemukan di Klender, Jakarta Timur. Uniknya batu ini kemudian diberi nama Meester-Cornelis😀

Dari tahun 1915, agak lama ngga dianugrahi meteor lagi, barulah pada tahun 2004, tepatnya 19 Desember 2004, Indonesia tercinta ini dianugrahi lagi meteor. Kali ini warga Tanggerang yang kejatuhan. Konon katanya sakitnya karna diguna-guna….. eh………. salah ketik, kok jadi lagu mbah dukun😀, maksudnya katanya bunyi ledakannya terdengar sampai Jakarta dan Bekasi. Meskipun tidak ditemukan jejaknya, namun para ahli meyakini bahwa bunyi tersebut berasal dari ledakan meteor yang jatuh.

Selang empat tahun kemudian, mungkin meteor-meteor tersebut udah bosen jatuh di pulau Jawa melulu, coba aja perhatiin dari awal, kebanyakan jatuhnya di pulau Jawa kan? Sekarang mungkin sambil liburan merayakan tahun baru🙂, meteor tersebut jatuh di Bali.

Rupanya si meteor pengen menjelajah pulau-pulau di Indonesia, buktinya pada tanggal 8 Oktober 2009, meteor dengan ukuran raksasa meledak di teluk bone, Sulawesi Selatan, di ketinggian 15-20 Kilometer. Menurut NASA, meteor ini memiliki kekuatan ledak sebesar tiga kali bom atom Hiroshima :O, ini juga ukurannya masih menang, yakni lima kali ukuran meteor yang jatuh di Wisconsin, Amrik bulan April lalu.

Terakhir ya yang kemarin itu, itu juga kalo benar itu meteor😀, ternyata abis liburan, meteornya pengen balik lagi ke Jakarta😀

Kapan dan dimana meteor selanjutnya akan jatuh……….. Jangan kemana-mana, kami akan kembali😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: