EBOOK DOWNLOAD

Benarkah Jumlah Planet di Tata Surya Kita Akan Semakin Berkurang?

Posted on: 29 Desember 2010

Saya kira istilah degradasi cuma ada di dalam dunia sepak bola aja😀, ternyata ada juga planet yang didegradasi lho, tapi pindah ke divisi mana ya???? Planet yang terdegradasi itu adalah planet Pluto, yang sebelumnya memang mempunyai peringkat terbawah yaitu ke sembilan. Pluto didegradasi oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 2006 karena dari segi ukuran, planet ini sudah tidak memenuhi syarat lagi untuk disebut sebagai planet. Jadi, saat ini anggota planet yang ada di tata surya kita tinggal delapan.

Satu planet lagi yang terancam terdegradasi adalah planet Merkurius. Saat ini, Merkurius ukurannya semakin menciut. Memang, menurut para peneliti bahwa Merkurius tidak akan menjadi sekecil Pluto, tetapi jika ukurannya terus menerus mengecil, maka IAU pun akan mendegradasi planet ini.

Mengapa Merkurius bisa mengecil? Menurut para peneliti, penyebabnya adalah karena inti planet tersebut yang terdiri dari zat besi cair terus mendingin dan memadat sehingga menciutkan ukuran planet itu dari dalam dan pergerakan ini sudah berlangsung selama miliaran tahun.

Penciutan tersebut juga terlihat dari foto-foto satelit Messenger milik NASA yang menggambarkan terjadinya lipatan di kerak planet tersebut. Dari foto tersebut juga terungkap bahwa dahulu, Merkurius mempunyai banyak sekali gunung berapi yang meletus, namun kini gunung-gunung berapi tersebut sudah mati karena inti planet menjadi semakin dingin.

Seperti halnya Mars dan Bulan, Merkurius sangat berapi saat ia lahir. Namun, planet itu kehilangan panasnya sejalan dengan pertumbuhannya selama sekitar 4,5 miliar tahun terakhir, dan itu menghentikan aktivitas vulkanik di sana.

Dan tahukah anda? Planet Bumi juga mengalami proses pendinginan yang sama. Konon katanya, dalam beberapa miliar tahun mendatang (itu pun kalo bumi masih ada🙂 ), semua aktivitas gunung berapi di Bumi akan terhenti karena planet ini pun akan menjadi terlalu dingin untuk gunung berapi.

Allahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com

RSS Related Websites

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: