EBOOK DOWNLOAD

Cara Membuat Air Sumur menjadi Bersih dan Jernih

Posted on: 28 Juli 2009

Air adalah sumber kehidupan. Kita tak bisa membayangkan jika sehari saja kita hidup tanpa air! Tentu saja tubuh kita akan kekurangan cairan (dehidrasi), tanaman akan mati, hewan-hewan juga kehausan, baju-baju kotor juga tidak bisa kita cuci, dan masih banyak lagi kerugian-kerugian lain bagi manusia jika tidak ada air.

Di pedesaan, sering kita dengar para petani bertengkar atau bahkan hampir saling membunuh gara-gara berebut air untuk mengairi sawah mereka. Ya, itulah air, sumber kehidupan manusia.

Berkaitan dengan air ini, masalah yang sering dihadapi oleh manusia adalah menemukan air yang bersih. Sungai-sungai yang ada di sekitar kita (khususnya di daerah saya) saat ini sudah benar-benar tercemar, apalagi mungkin di daerah metropolitan seperti Jakarta.

Pemerintah telah membuat suatu lembaga yaitu PDAM sebagai penyedia air bersih untuk masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua masyarakat Indonesia menggunakan layanan PDAM untuk mendapatkan air bersih. Sebagian besar menggunakan sumur untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Banyak sekali sekarang ini masyarakat yang membuat sumur bor untuk mendapatkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari, di samping ada juga yang masih menggunakan sumur biasa.

Apakah dengan membuat sumur masalah untuk mendapatkan air bersih dan jernih serta aman untuk dikonsumsi telah teratasi? Ternyata tidak! Tidak semua sumur dibuat menghasilkan air sebagaimana disebutkan di atas. Hal ini terjadi karena kandungan zat-zat yang ada dalam tanah masing-masing tempat berbeda-beda. Penyebabnya tentu saja (menurut pendapat saya sebagai orang awam dalam bidang ini he….) karena pencemaran lingkungan. Untuk yang ingin lebih menambah wawasan tentang pencemaran lingkungan, silahkan kunjungi blog : biodenti.wordpress.com

Air yang dihasilkan dari sumur-sumur tersebut tidak semuanya dapat diminum, tidak semuanya pula airnya jernih. Contohnya di rumah saya he….. air sumur yang ada di rumah saya warnanya kuning, jadi bila dipakai untuk mandi rasanya ngga seger-seger karena katanya sih kandungan zat besinya banyak. Kalau lama kelamaan kita mandi pakai air itu, kuku-kuku pada kaki dan tangan kita warnanya jadi agak kekuning-kuningan. Bagaimana dengan gigi ???? Untuk saja pengaruh tersebut tidak berlaku pada gigi jadi gigi saya tetap putih cemerlang he…..

Saya udah coba berbagai cara untuk mengatasinya, dari mulai memakai Toas (saya ngga tahu pembaca ngerti ato ngga istilah toas, tapi saya ngga tahu nama lainnya, soalnya di daerahnya disebut toas) hingga memodifikasi bentuk sumur menjadi seperti gambar berikut :

gambar modifikasi sumur

gambar modifikasi sumur

Dengan memodifikasi sumur menjadi seperti gambar di atas, hasilnya lumayan airnya menjadi agak jernih dan gumpalan-gumpalan lumutnya menjadi berkurang, namun airnya masih saja agak kekuning-kuningan.

Saya sempet stress karena air ini, sudah dicoba berbagai cara namun masih saja hasilnya kurang memuaskan.

Akhirnya saya coba sekali lagi menggunakan Sitrun (Citric Acid), saya masukkan Sitrun tersebut dua bungkus ke dalam sumur dan ternyata hasilnya benar-benar di luar dugaan saya, airnya jernih sekali dan kalau dipake mandi bener-bener terasa segaaaaa……aaaar. Silahkan bagi saudara-saudaraku yang mempunyai masalah yang sama, tidak ada salahnya untuk dicoba. Namun, saya tidak menjamin ini akan berhasil juga di tempat saudara. Soalnya ini bukan hasil penelitian ilmiah, tapi ini ide dari seorang yang awam tentang yang begituan he……. Entah emang kebeneran atau emang itu solusinya yang jelas alhamdulillah air di rumah saya sekarang benar-benar jernih.

About these ads

67 Tanggapan to "Cara Membuat Air Sumur menjadi Bersih dan Jernih"

numpang lewattttttttttttttt..bagi teman2 yg membutuhkan mesin air yaitu RO taupun UF silahkan hub sy Hp.081213442206

Wah, boleh juga tuh mas :) semoga sukses deh jualannya :D

Ane mau coba ah. Mudah2an sukses. Thanks ya Gan.

trims ya. Ane coba deh, mudah2an berhasil

Eh lupa. Kalo mau beli instalasi filter yang jadi, mintalah yang menggunakan 3 way valve…lebih mudah dan paling paling beda 100 ribu dari filter pvc.

Pada dasarnya anda dapat mengetahui air anda mengandung kapur atau zat besi dari rasa; jika airnya terasa sedikit asam, maka air anda banyak mengandung besi dan jika terasa agak pahit mengandung banyak kapur.

untuk menghilangkan bau, zat besi dan karat dapat menggunakan “Manganese green sand plus” dapat dibeli ditoko peralatan water treatment di kenari (jkt). ada banyak manganese, tetapi pakai yang manganese green sand plus, bukan yang lain karena mampu menyerap mangan (yang membuat air berbau comberan) serta zat besi yang membuat air seperti berlapis minyak serta meninggalkan noda kekuningan di bak penampungan air.

Untuk menghilangkan zat kapur yang membuat air menjadi sadah (licin) dapat menggunakan “cation ion exchange resin” yang juga dapat dibeli di daerah kenari.

sedangkan untuk hanya menyaring air yang banyak mengandung endapan , anda dapat membuat filter sederhana menggunakan pipa PVC 3 inchi dan dacron (saringan yang sering dipergunakan di filter aquarium). Bahan membuat filter sederhana :
a. Pipa PVC 3 Inci sepanjang 1 mtr
b. 1 buah dop (tutup) PVC tanpa drat
c. buah dop (tutup) pvc drat ulir
d. 2 buah Sok drat dalam ukuran 3/4 inci
e. Lembaran dacron secukupnya (dapat dibeli di toko Aquarium)
f. lem PVC dan Lem fiber glass (resin fiber glass)

Cara membuat
1. Pasang dop drat ulir dan dop biasa pada kedua ujung pipa pvc.
2. lubangi sisi- sisi pipa pvc untuk memasang sok drat dalam pada masing masing ujung pipa.
3. sempurnakan pemasangan sok drat dalam dengan menggunakan resin / lem fiber glass. (kedua sisi ini akan menerima tekanan air paling besar)
4. masukkan lembaran dacron kedalam pipa sederhana secara merata dan agak padat.
5. pasang pada instalasi air anda……anda telah memiliki sebuah filter sederhana dengan daya saring sekitar 1 micron.

periksa secara berkala isi filter (dacron) untuk memastikan daya saring yang baik. jika kotor, dacron dapat dicuci menggunakan detergen cuci.

Filter ini dapat diisi dengan berbagai bahan; misalnya carbon active atau manganese. jika ingin diisi dengan carbon active, masukkan dahulu lembar dacron kira kira 1/4 tinggi filter, kemudian isi dengan carbon active yang telah dicuci bersih untuk menghilangkan debu arang sebanyak 1/2 tinggi pipa filter dan kemudian masukkan dacron kembali kira kira 1/4 tinggi pipa. dengan cara ini tidak akan ada butiran carbon yang dapat lepas dari filter sederhana.

Jika diisi dengan manganese, lengkapi filter ini dengan 2 buah ball valve yang dipasang pada bagian sok drat dalam. hal ini dikarenakan untuk meregenerasi manganese, manganese harus dicuci/direndam dengan larutan PK (kmno) yang biasa dipergunakan untuk mencuci luka.
Cara meregenerasi Manganese : tutup kedua ball valve, buka ujung filter yang ditutup dengan dop ulir, masukkan serbuk Pk, kira kira 1/4 sendok teh. biarkan selama 3 jam kemudian buka ball valve dan bilas dengan cara menjalankan pompa air.

TIPs :
Jika ingin mudah, beli saja instalasi filter yang sudah jadi, tetapi pastikan bahwa penjual filter tidak sembarangan mengisi tabung, karena baik carbon active, manganese green sand dan resin cation tidak dapat dicampur kecuali dengan pasir silika.
baik manganse maupun resin akan rusak jika dicampur dengan carbon active.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan filter anda.

salam,

Lonewolf

thanks atas berita yang boss buat d blog ini…

tolong infonya boss di sertai gambar atau desain, biar orang awam kaya mengerti, terimakasih atas terik-teriknya wassalam.

salam..kusut heheh..wah bukan hanya saya aja yah yg problem..nya air berkarat..mas saya dah coba..pakai sitrun..tapi begitu air yg dah bening tak sedot masukin tedmon..yg dateng masuk ke sumur lagi air berkarat yah. gimana caranya bisa permanent gitu biar nggak repot nungguin bening dulu makasih sebelumnya saya ucapkan

aaappppppppppppppppaaaaaaaaaa??????????????

trm ksh infomy pak,akan sy cb.air dirumah sumur bor g begitu kuning tp kl dibikin minum rada wangur baunya.dan kl dbuat mandi rada lengket.sy mgunakan penyaring batu2 yg saya g tau nmnya tp rsny kok rmbut jd keras n kering kulit.apakah begitu dampakny/

Asslam pak Arul n rekan2 smuanya. Sya sudah mencoba saran dari pak arul untuk memasukkan asam sitrun ke dalam sumur bor saya yg dalamnya 38 m di Pekanbaru (terkenal dengan struktur air yg kuning, kotor dan berminyak).

Awalnya memang bagus pak, selama puasa kemaren ga masalah, kemudian saya pulang kampung jadi rumah saya tinggal selama 10 hari. Air kembali seperti sedia kala pak, kotor dan ber bau, kemudian saya memasukan 2 bungkus lagi asam sitrun kedalamnya dengan harapan air kembali bagus seperti saat saya berian asam sitrun di bulan ramadhan kmaren. Namun yang terjadi Air Bertambah Kotor, dan Bertambah Bau disertai dengan Minyak yg ga mungkin bisa digunakan.

MOHON BANTUAN BAPAK UNTUK SOLUSI TERBAIKNYA, DAN JUGA DARI REKAN2 YANG ADA DI FORUM INI…
TERIMAKASIH.

WASSALAM
RIFKI – PEKANBARU

Mas Rifki,
Sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan saya membalas komentar anda, maklum akhir-akhir ini lagi banyak kesibukan jadi saya jarang mengecek blog. Kalo kondisinya seperti yang mas Rifki ceritakan, sepertinya kondisi airnya sudah terlalu parah. Pengalaman saya untuk sumur yang ada di rumah, kondisinya hampir sama dengan punya mas Rifki, namun mungkin tidak separah itu. Sumur saya juga awalnya berminyak dan agak bau, tapi sekarang alhamdulillah bersih dengan menggunakan sitrun tersebut :D.
Untuk sementara saya hanya bisa menyarankan dicoba untuk menambahkan takaran sitrunnya, dan untuk sumur bor, jangan sitrunnya yang langsung dimasukkan, tapi larutkan dulu dengan air agar larutan tersebut sampai ke dasar sumur. Kalau sitrunnya yang langsung ditabur dikhawatirkan tidak sampai ke dasar (menempel di dinding-dinding saluran).
Kebetulan saya juga baru membuat sumur bor untuk rumah saya yang satu lagi, kondisi airnya hampir sama (kotor dan agak bau), nanti kalo saya dah menemukan solusinya insya allah saya posting lagi disini :D
Terima kasih telah mampir :D

Pak rifki,mgkn saya bisa bantu mengatasi masalah2 air sumur yg PRAKTIS TANPA RIBET dan u.solusi nya bpk bisa baca ket2nya di web saya:www.sumur-bening.com dan bpk klik menu FILTER AIR SUMUR/PDAM.
Semoga masalah2 air sumur bpk bisa teratasi dan bisa hub saya langsung di no:081234909927(sms juga bisa)thx.

:D nah tuh ada yang ngasih solusi :D

maaf ..mau tanya..
kalo sumur saya masih ada rasa asin2 nya dikit, rencana sumur ini mau saya pake buat mandi dan cuci motor.Biasanya air yang ada kandungan garam nya(asin) bisa membuat motor mudah berkarat.
Bagaimana solusinya biar sumur ini tidak berasa asin?terimakasih

Saya menggunakan Bio Sand Filter… dan sudah 1,5 th ini saya gunakan.
Pengetahuan ini saya dapat saat menjadi relawan di daerah bencana alam.
Mirip sand filter, tetapi dengan beberapa kelebihan, berikut link mengenai biosand water filter:

http://en.wikipedia.org/wiki/BioSand_Filter

http://www.biosandfilter.org/biosandfilter/index.php/item/229

Saya menggunakan ember kapasitas 80 liter sebagai tempat pasir.
Saran saya, untuk karbon atau apapun penyaring sebelum atau sesudahnya, gunakan di luar biosand filter.
Sehingga memudahkan perawatan penyaring tambahan tersebut.
Demikian, semoga bermanfaat.

Trim’s atas info@…..

Pak kami memiliki sumur bor 24 m,tapi bermasalh dengan airnya yg keruh dan sedikit berbau seperti bau besi karatan selain itu warnanya juga kekuning2an,klo dipake buat cuci baju hasilnya baju putih kami jadi berwarna kuning. dan kami sudah membuat penyaringan dipenampungan air yg dikasih kerikil,pasir,dan ijuk. tapi hasilnya tetap nihil, kami pun mencoba pake sitrun,memang sih airnya lebih bersih,,tapi….kami dapat masalah karna minggu depan kami akan membuka loundry yg tentunya setiap hari kami membutuhkan banyak air .

Nach..bagaimana kira2 solusinya pak??? tidak mungkin kami memasukkan sitrun ke dalam sumur bor krn sumurnya kan tertutup?? dan juga kami tidak bisa memasukkan sitrun ke dalam penampungan air yg airnya selalu mengalir langsung ke mesin cuci krn ukuran bak penampungan cuma 1,5m x 1m.

Trimakasih atas bantuannya..

Mungkin bisa dicoba sitrunnya dilarutkan dengan air pak, lalu dimasukkan di penampungan.

Pak, sumur bor saya 46m, baru tiga minggu. airnya keruh dan berminyak, kalau pake citrid acid apakah langsung di masukkan ke lubang sumur bor4″. berapa banyak? bisa bertahan berapa lama untuk ukuran sebanyak itu? berapa kira2 harganya?, terima kasih atas bantuannya. semoga sumur bor saya bisa jadi jernih.

wasalam

Pak Abdul Muthalib,
maaf baru bisa balas pertanyaannya sekarang, maklum kemarin lagi beres-beres pindah kerja ke tempat baru jadi agak sibuk :D
Kalo untuk sumur bor saya belum pernah coba, tapi sama aja sih pak, dilarutkan dulu aja citric acidnya dengan air secukupnya, baru air larutan tersebut dimasukkan ke sumurnya. kalo masalah jumlahnya, dikira-kira aja pak :) khasiatnya kalo dirumah saya dua bungkus bisa bertahan selama 3 hari pak :)

mas citrit acidnya dimasukkan langsung ke sumur bor bisa nggak? berapa banyak? bisa berapa hari harus kasih citrit acid? bisa beli dimana? kira2 harganya berapan sumur bor saya 46m keruh dan berminyak. terimakasih mas

mas dikasih sitrat apa ga asem nanti rasa airnya,thx

ngga mas, selama ini saya pake aman-aman aja :D
saya ngga dipake buat minum mas, cuma buat mandi ma cuci baju aja
belum berani dipake minum, belum nanya ma ahlinya :D

ok mas…barusan saya coba pake sitrat di torn dan berhasil air jadi bening..cuma saya cicipin ( tapi ga diminum sih) rasanya agak kecut gitu..apa saya kebanyakan kali ya naro sitratnya….

sorry gak ketulis, untuk desinfektan sy gunakan bahan kaporit

kalo sy di rumah pake cara gini :

air ditampung dipenampungan, kemudian untuk 1000 liter air pertama2 sy kasih PAC (penjernih air yg ada di toko besi) sebanyak 5 sendok makan yg dicampur air terlebih dahulu. zat ini berfungsi sebagai koagulan (penggumpal) kekeruhan air. setelah 10 menitan, terjadi koagulasi dan mulai mengendap, dan akan benar terpisah antara bagian atas yg jernih dengan endapan koagulan skitar 30 menitan. setelah itu untuk desinfetkan sy tambahkan sekitar setengah sendok makan pada air yg sudah jernih tadi. hasilnya lumayan koq, jernih dan tidak bau. silahkan dicoba.

Sumur saya belakangan ini berwarna keruh kehitaman dan agak bau padahal didaerah kami belum ada air dr PDAM jadinya kami agak kewalahan dengan kondisi spt ini, mungkin anda dpt memberikan solusi dgn masalah air sumur saya… Trims ya

alhamdulillah, dapat ilmu baru
tempat saya, kasus air mengandung zat besi, baru sehari di bak tandon air berubah warna jadi kuning (berkarat)
selama ini untuk mengurangi kadar zat besi dengan filter spon, namun kurang praktis, 1 minggu harus dibersihkan. Satu bulan ini saya coba menghilangkannya menggunakan kapur bangunan, 1200 lt —- 1 gayung air kapur agak kental. Namun air terasa pekat (lengket), dan kulit menjadi agak kering

pak, saya minta bantuannya donk,,, Saya kan barusan ngebor untuk kedalaman 30 Meter,,, Casingnya cm 2 Pipa setengah… Bener ngk itu mas,,, soalnya udh sy kuras, airnya bau lumpur & bisa kasih sarang ngk mas untuk saya…???

Memang kadang-kadang seperti itu pa, walaupun melakukan hal yang sama antara satu tempat dengan tempat lain hasilnya bisa berbeda. Saran dari saya ya dicoba aja menggunakan citric acid sebagaimana yang saya tulis di artikel barangkali berangsur-angsur akan membaik airnya :)

alhamdulillah ini info yang sangat bermanfaat buat kami sekeluarga,sy punya kasus yang sama dengan anda,kandungan zat besi tinggi pada sumur kami,sehingga membuat tandon air kami berwarna kuning dan berbau,selama ini kami menggunakan penyaringan sederhana,kami saring menggunakan wadah sederhana (ember cat) dengan bahan mulai dari dasar ember sbb :
1. kerikil
2. pasir halus
3. arang (menyerap racun)
4. pasir
5. kerikil
di antara bahan campuran2 diatas, di lapisi kain katun halus yang mudah terserap air.
alhamdulillah dengan campuran diatas kami dapat mengkonsumsi air tersebut untuk di minum
saran kami…..untuk mandi sudah cukup menggunakan cara yang anda sarankan, namun untuk di konsumsi air minum sebaiknya menggunakan saringan…..semoga bermanfaat

Terima kasih atas tambahannya :)

kalo sumur yang mengandung zat besi apa bisa bening pake sitrun ? makasih mas sarannya !

bisa mas, di rumah saya juga kaya gitu, mengandung zat besi… tapi kalo untuk diminum harus ditanya dulu ke yg lebih kompeten :)

yupzzz bner tuh sitrun juga bisa di pake nyuci baju putih, jika baju putih kena noda di rendam pake sitrun insaallah nodanya bisa hilang. aku pernah nyoba.

sumur saya air nya bening cuman di penampungan jadi tumbuh lumut,bahkan keran untuk ke bak mandi pun kadang ga jalan karna ada lumut,
ada yang tahu ga obat nya apa supaya gak tumbuh lumut….?
terimakasih..

Mungkin bisa dicoba juga mas pake citric acid (sitrun :) ), soalnya air sumur di rumah saya bener-bener kotor dan juga banyak lumutnya, tapi setelah pake itu jadi bersih dan lumutnya pun ilang sama sekali. Tapi kalau airnya dipake buat minum juga, sebaiknya dikonsultasikan dulu ke yang lebih kompeten, takutnya ada efek sampingnya kalau buat diminum. Tapi, kalau buat sekedar mandi dan cuci baju sih selama ini ngga ada masalah :)

Sebelumnya terima kasih sarannya … Akan saya coba dulu… Tapi alangkah bagusnya lagi tambahkan lagi informasinya kalau untuk di konsumsi ada efek sampingnya gak?

Sama-sama, kalau untuk konsumsi, saya tidak berani mengatakan aman atau tidak karena itu membutuhkan penelitian atau uji laboratorium. Saya bukan ahlinya :)
Untuk sementara, bila memang trik ini juga berhasil diterapkan pada sumur milik anda, dipake buat mandi ama cuci baju dulu aja :) kalau untuk dikonsumsi sebaiknya ditanyakan ke pihak yang lebih kompeten :)

sitrun yang buat campuran minuman?

betul…

alhamdulillah saya coba dan hasilnya diluar dugaa, makasih

Sama-sama, senang sekali bila sesuatu yang saya tulis di blog ini bisa bermanfaat bagi orang lain, alhamdulillah

klo untuk sumur berpasir, biasanya orang di kampung saya memasukkan 2-3 sendok pasir campur semen ( sendoknya bukan sendok makan yah, tapi sendok untuk mengaduk adonan pasir dan semen + air )
saya sendiri ga tau bagaimana penjelasannya, tapi yang jelas sumur2 di kampung saya ga ada yang pasirnya ikutan naik… :D

wah, bagus tuh tambahan ilmu lagi……terima kasih dah nambahin infonya, soalnya banyak yang punya masalah sama air :)

bener apa yang ditulis sodara kita ini..cos dulu pas aku kost airnya juga kuning kadang2 sampe kemerah merahan..setelah dikasih citrid acid lansung bening pagi harinya…

Wah berguna banget nih ? Mksh mas atas sarannya.! ^_^

Saya juga sudah coba, dalam tandon air yang berisi 1000 Ltr – hanya saya beri 3/4 bungkus, hasilnya menakjubkan – esok harinya airnya menjadi bening dan segar, tapi saya masih memikirkan apa efek sampingnya ya kalau terus menerus menggunakan Citric Acid / Citroen pada air konsumsian kita sehari-hari?

Selamat Mas Robin, kalau masalah efek samping, saya juga tidak berani memastikan, masalah ini harus dikonsul pada yang lebih kompeten. Lebih baik untuk sementara jangan dikonsumsi dulu, pakai buat mandi dan cuci aja…

takaran sitrun citric acidnya brapa mas…pada 1000 ltr air…n sitrun tuk es buah kah…mhon solusix mas…

saya adaproblem lain.
sumur bor saya kedalaman 20 m selalu ada pasir yg ikut naik ke atas. kejadian ini selama 3 musim kemarau kemarin yang pada akhirnya pasir menyumbat katup bawah jet pump dan harus di angkat untuk dibersihkan. Sekarang tinggi permukaaan pasir di dalam casing sumur
sudah sama dengan tinggi pipa untuk pompa sehingga penyelesaian tercepat adalah memotong / mengurangi panjang pipa pompa air agar tidak menyentuh pasir.
Saya berpikir bagaimana caranya agar kita dapat menyaring pasir tsb agar tdk masuk ke dalam casing sumur. ada saran ?
Terima kasih sebelumnya.

Saran dari saya setelah pipa dipotong tentunya ada jarak yang agak lebar antara dasar casing dengan pipa, nah bagaimana kalau pada ujung casing tersebut dipasang filter lagi sehingga sebelum air masuk pipa, airnya udah tersaring sebanyak dua kali. Ini saran sementara mas, mudah-mudahan nanti ada saran lagi atau dari teman-teman yang lain mungkin nanti ada saran tambahan. Trima kasih

menurut saya kalo diberi filter di ujung terus kotor bukannya malah menambah masalah????

Selama ini yg saya praktekkan ngga ada masalah…….. :-bd

……Sumur bau n kurang bersih…..

Mas, satu sumur kira-kira sitrunnya berapa banyak / berapa gram ?
Terima Kasih

kalo saya pake 2 sachet mas, dimasukan rutin seminggu 2 kali. selamat mencoba

BAHAYANYA APA MAS.,.,.,.?

Mas nah anda kurang detail kasih sarannya, beli Sitrunnya dimana apa di apotek ada dijual, terus ukuran nya seberapa agar prosesnya bisa sempurna.

Sebab saya sudah mencoba berbagai cara, pakai tawas, pakai kaporit gak mempan, lumut dalam waktu seminggu sudah menggunung di bak penampung.

Saya akan mencoba teori anda ini mudah2an saya berhaasil seperti anda.

Terimakasih…..

Kalo di tempat saya di warung-warung juga banyak mas. Jumlahnya 2 sachet setiap pemakaian dan itu bertahan selama sekitar 5 hari.

takaranx brp mas..klaw dlm profil 1100../ dan citrik acid buat cmpuran es buah ka ????mhon solusinya

Iya betul mas, kalo takaran pastinya saya sendiri kurang tahu, cuma kalau saya dirumah pakenya dua bungkus untuk satu sumur. Tapi mungkin tergantung kondisi air sumurnya juga, kalo terlalu kotor ya mungkin bisa ditambah.

bisa dicoba nich….
hehe

tips berguna nih :lol:

thanks gan ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip Tulisan

Cari Uang Disini Tempatnya !

Ebook Kamasutra ebook kamasutra

Obat Herbal Berbagai Penyakit obat herbal
Solusi Verifikasi PayPal Dengan VCC Indonesiawww.kutukutubuku.com
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: